Thursday , 11 September 2025

edukasi kepada masyarakat untuk bijak dalam bermedsos.

Bengkulu, InfoPublik – Era digital merupakan masa dimana aktivitas masyarakat hingga informasi disebarluaskan dengan menggunakan teknologi digital.

Disini media sosial sangat berperan dalam penyebaran informasi bagi masyarakat luas. Karen sejak dibangun, media sosial memang diperuntukkan sebagai wadah bagi para penggunanya agar dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan bertukar informasi dan ide di suatu komunitas maupun jejaring virtual.

Di samping itu, media sosial juga dapat memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, sehingga jarak dan waktu bukanlah menjadi permasalahan dan alasan lagi untuk bisa mengenal orang lebih banyak. Lebih mudah mengapresiasikan diri, dan menyebarkan suatu informasi pun dapat berlangsung secara cepat dengan biaya yang jauh lebih murah.

Tetapi seiring waktu berjalan, media sosial mulai banyak disalahgunakan. Konten-konten bersifat negatif mulai bersebaran. Hal ini menjadi sebuah titik lemah penggunaan medsos di zaman sekarang.

Terkait fenomena ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Kominfo menyikapinya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bijak dalam bermedsos.

Selasa (6/12/2022), Diskominfo langsung menggelar sosialisasi penyebaranluasan informasi melalui media sosial dengan tema “Cakap Digital Dengan Konten yang Sehat” di hotel Santika.

Kegiatan dibuka langsung oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan didampingi Wakil Walikota Dedy Wahyudi, Kapolresta Bengkulu AKBP Andi Dady Nurcahyo, Kajari Bengkulu Yunitha Arifin, Sekda Arif Gunadi, yang juga bertindak sebagai narasumber dalam sosialisasi.

Di momen ini, Helmi mengungkapkan dirinya merasakan suasana saat ini sudah berubah. Sikap sopan, santun, ramah tak ditemukan lagi di dunia medsos.

“Kita merasakan suasana berubah. Ada grup namanya surga, tapi isinya neraka. Di dalamnya sana sini ngupek (mengumpat). Ini suatu kejahatan, bisa dipersoalkan secara hukum, bahkan bisa masuk penjara karena status, share atau membuat statmen negatif,” ungkap Helmi.

About Admin DLH

Check Also

DLH – Kegiatan verifikasi pengaduan masyarakat terhadap hotel Mercure.

Bengkulu, Infopublik – Kadis LH Riduan bersama Bidang Penaatan, Tata lingkungan dan bidang Pengendaliaan Pencemaran …